Categories

22 Maret 2011

Menyiapkan partisi untuk linux ubuntu

Mungkin bagi anda yang ingin mencoba menginstall ubuntu , hal pertama yang perlu anda perhatikan adalah membuat partisi yang akan anda gunakan untuk Ubuntu karena jika salah menempatkan partisi saat installasi bisa  jadi data di seluruh hard disk anda akan terformat  .
Berikut  Cara mempersiapkan partisi untuk installasi ubuntu :
  • Pertama masukan CD  installasi ubuntu  ,setelah anda booting  pilih try Ubuntu
  
      
  • Setelah itu akan muncul tampilan Destop  ubuntu , pilih System >> Administration>>Gparted
  • Setelah muncul  jendela  GParted  , disitu akan tampil kondisi hardisk kita terdiri dari berapa partisi . Disini Kita asumsikan Hard disk kita memiliki satu partisi dengan  kapsitas 100Gb ,dengan space kosong  40Gb dengan format NTFS .


  • Langkah selanjutnya kita akan membuat partisi extended ,yang didalamnya akan kita buat partisi logical . Mengapa logical ?? karena dalam 1 hardisk hanya hanya boleh ada 4 partisi primer  termasuk  partisi extended didalamnya . 
  • Klik kanan pada partisi tersebut  pilih Resize/move, masukan space yang akan kita gunakan pada free space following (Mb)  : 20480Mb (20Gb) . [ sepace baru tidak boleh lebih dari space kosong yang tersedia  ]. >>Resize/Move . 


  • Selanjutnya setelah terbentuk partisi baru , klik kanan pada partisi tersebut  pilih New. Setelah itu pada  Creat as, ubah Primary partition menjadi extended partition  klik add 
  • Akan muncul patisi Extended dengan space kosong dibawahnya 

  • Setelah itu klik kanan  pada space kosong tersebut ,pilih New . pada Creat as kita pilih Logical partition Pada File System kita pilih ext4 , dan pada New size kita ubah ukurannya minimal 2,5 Gb namun saya sarankan agar menggunakan  ukuran seluruh space dengan menyisakan  2/4 Gb  pada free space following  yang nantinya akan kita gunakan sebagai partisi swap . Partisi swap berfungsi  sebagai  virtual Ram dengan ukuran minimal 2 x ukuran RAM kita .

  • Kemudian sisa space yang 2/4 , klik kanan  New >>  pada bagian file system kita pilih linux swap










  • Setelah semua selesai  , cek kembali semua ukuran  klik tombol apply ( tombol centang warna hijau )

 Untuk cara install tunggu post berikutnya ..^_^

4 komentar:

  1. untuk ubuntu terbaru juga sama gan??

    BalasHapus
  2. bagaimana untuk how to connect internet with usb modem ?pake gnome-ppp ya??terus nginstal gnome nya tanpa internet gimana?mohon dibantu ^^

    BalasHapus
  3. pakenya modem apa ??? kalo ga connect internet pakai Cd repo gan..

    BalasHapus